Tugas Prakarya dalam Rangka WFH: Membuat Podcast dengan Anchor

Sumber: https://dailysocial.id/post/aplikasi-pembuat-podcast-anchor

Tren podcast terus melejit dalam beberapa tahun terakhir. Ini bisa dilihat dari begitu banyaknya aplikasi podcast yang tersedia di App Store dan Google Play – situasinya kurang lebih sama seperti ketika keduanya dibanjiri oleh Twitter client dari developer pihak ketiga.

Format audio-only membuat podcast jadi alternatif konten yang ideal terhadap video YouTube, terutama ketika kita sedang melakukan kegiatan lain. Yang paling umum, konsumen biasanya mendengarkan podcast selagi memasak atau mengemudi.

Namun di saat membuat video untuk diunggah ke YouTube mudah sekali dilakukan hanya dengan bermodalkan smartphone, membuat podcast masih tergolong rumit. Inilah yang pada akhirnya menjadi motivasi utama startup bernama Anchor.

Membuat podcast dengan Anchor di perangkat iOS maupun Android terkesan sangat mudah. Anda cukup mengangkat ponsel ke telinga, lalu mulai berbicara dan merekam suara. Dari situ potongan-potongan audionya bisa dijadikan satu dan dipublikasikan sebagai podcast ke beragam platform yang populer, mulai dari Apple Podcast, Google Play Music, Overcast, Stitcher sampai Spotify, atau platform milik Anchor sendiri. Proses dari awal sampai akhir hanya memerlukan satu aplikasi Anchor saja.

Kelebihan lain Anchor adalah kemudahan untuk menyelipkan lagu yang berasal dari katalog Apple Music atau Spotify. Menyusun fragmen-fragmen audio dan musik latarnya ini bisa dilakukan dengan mudah berkat navigasi drag-and-drop. Andai perlu sentuhan ekstra, Anchor kini juga punya web app yang bisa diakses dari browser komputer

Langkah-langkanya mudah:

  1. Download dan install aplikasi Anchor dari Google Play Store atau Apple App Store.
  2. Jalankan dan daftarkan dulu akun kalian. Kalau mau lebih gampang, pakai saja akun Google dengan tap ‘Continue with Google’.
  3. Kalau sudah login, kalian akan diberi beberapa pilihan. Mau langsung rekam podcast? tap ‘I want to make new podcast’. Atau kalian ingin mengupload audio podcast yang sudah direkam sebelumnya, tap ‘I have podcast I want to import’
  4. Untuk merekam podcast secara langsung lanjutkan dengan tap ‘Record’.
  5. Silakan rekam suara kalian berbicara mengenai tema atau topik yang sudah disiapkan sebelumnya
  6. Kalian bisa memberikan tanda ‘Flag’ dengan melakukan tap pada Add Flag. Fungsi dari fitur ini adalah menandai jika terdapat kesalahan pengucapan atau kesalahan lain yang bikin podcast kurang oke. Flag ini nanti akan jadi penanda bagian yang akan diedit atau malah dihilangkan
  7. Jika rekaman sudah selesai, tap ‘Stop’. Selanjutnya, akan ditampilkan preview untuk mendengarkan hasil rekaman. Di tahap ini kalian bisa menambahkan backsound yang kira-kira cocok dengan tap ‘Add background music’.
  8. Ketika kalian tap ‘Add background music’, akan muncul koleksi musik Anchor yang bisa dipilih. Tap tombol ‘Play’ untuk mendengarkan preview musiknya, lalu tap ikon plus untuk menambahkan musik yang pas.
  9.  Kalau semuanya sudah oke, tap ‘Save’ untuk menyimpannya. Ini belum versi final ya. Jadi, audio ini baru akan disimpan ke akun kalian, belum disiarkan
  10. Selanjutnya, kalian akan diminta untuk memberikan judul podcast yang akan disimpan itu. Silakan beri judul episode, lalu tap ‘Add recording to episode’.
  11. Nah, untuk menyiarkannya, tap ‘Publish’ yang letaknya di kanan atas.
  12. Isi keterangan untuk judul episode podcast beserta deskripsi singkatnya. Jangan lupa, tambahkan juga urutan episode untuk mempermudah Anchor mengurutkannya dan membantu pendengar mengindentifikasi setiap episode.
  13. Jika sudah terisi semua, tap ‘Publish Now’ atau ‘Change publish date’ jika podcast kalian ingin disiarkan pada hari dan jam tertentu.
  14. Selesai! Podcast akan disiarkan sesuai dengan opsi yang kalian pilih. Demikian step by step cara membuat podcast di Anchor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *