SEGA MARCHING BAND: DULU DAN SEKARANG

Pada Grand Prix Junior Marring Band IX 2010 Tingkat Nasional, Marching Band SMP Negeri 103 Cijatung Jakarta Timur mengukir prestasi membanggakan keluar jadi juara Ke Dua Tingkat Nasional dan berhak memboyong Piala Tetap Menteri Pendidikan Nasional.

Disamping itu, SEGA MB (sebutan ekskul Marching Bang SMP Negeri 103) jga berhasil menggondol sembilan predikat terbaik, yakni color guard, music, general efect, visual (jadi juara kedua terbaik), divisi percussion divisi remaja, bras, drum mayor dan field commandor (jadi juara ketiga).

“Sebuah prestasi yang sangat membanggakan” demikian sambutan yang diberikan BP. Drs Ike Dorojatun MM selaku Kepala Sekolah pada masa itu. “Kami sangat bangga dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para anak didik kami anggota Ekskul Marching Band, Staf Kesiswaan Bp. Supriyono , Ibu Cut Nilawati sebagai Guru Pembina dan Pelatih serta Orangtua dan semua pihak yang ikut andil di dalamnya” lanjut beliau.

Dalam perjalanan selanjutnya, karena mulai tahun 2011 sanpai dengan 2013 bangunan SMP Negeri 103 mengalami rehab total sehingga KBM saja harus nebeng di SD sekitar maka kegaitan ekskul termasuk Marching Band mengalami masa Stagnan. Latihan-latihan ringan masih tetap jalan namun hampir tidak ada efent besar yang diikuti. Namun demikian, peminat dan dukungan orantua terhadap kegiatan ini masih tetap besar meski hanya tampil di lingkungan sendiri seperti dalam upacara hari-hari besar tertentu di sekolah.

Setelah menempati gedung baru tahun 2013 sebenarnya kegiatan Marching Band SMP Negeri 103 mulai semangat dengan mendatangkan pelatih profesional muda yang banyak digandrungi oleh peserta ekskul MB yang sebagian besar cewe. Namun sayang kembali terbentur masalah yang kali ini datangnya dari regulasi Pemda DKI yang melarang segala bentuk pungutan dari orangtua murid untuk kegiatan dan dalam bentuk apapun. hanya karena kenekadan orangtua yang ingin anak-anaknya tampil saja akhirnya pada akhir tahun 2016 ekskul MB mempersiapkan diri mengikuti Grand Prix Junior Band XI yang akan dilaksanakan pada tahun 2017.

Di tahun yang sama, SEGA MB juga mengikuti Lomba Marching Band Se Jagotakek. Neskipun tidak dapat juara namun penampilan anak-anak asuhan Ibu Cut Nilawati ini cukup membanggakan. Ini terbukti pada tahun berikutnya ada 2 undangan untuk tampil di acara Ulang Tahun PT Pangan Sari Ciracas dan Ulang Tahun TNI mewakili Sekolah Binaan.

Di Tahun 2018 ada beberapa event yang diikuti

Selayang Pandang SEGA Marching Band

img_01211
img_0106
sega mb cut 2
img_00961
img_00991
5
4
3
2
1
img_0180
img_01211 img_0106 sega mb cut 2 img_00961 img_00991 5 4 3 2 1 img_0180

Inilah Penampilan SEGA MB dalam berbagai Event

Marching Band SMP Negeri 103 dalam Grand Prix Junior Band Tahun 2017

2 thoughts on “SEGA MARCHING BAND: DULU DAN SEKARANG

  1. Marching band tiap tahun ada pasang surutnya.tergantung pengurus .karena marching band 103 diurus oleh orang tua dari peserta marching band

    1. Semangat teru Bunda…
      Yang pasti dunia eh maksud saya dunia pendidikan terutama di DKI sudah kenal SEGA MB…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *