Pembelajaran Online Gratis untuk Isi Kegiatan Belajar di Rumah

Mendikbud Nadiem Makarim, melalui rilis resmi Kemendikbud mengatakan “Kami menghargai mitra-mitra di sektor swasta yang secara sukarela mendukung sistem pendidikan nasional dan memastikan para siswa dapat terus belajar berdasarkan target yang telah ditetapkan oleh guru dan sekolah sesuai kebutuhan dan implementasi pembelajaran dengan bimbingan orang tua dan guru dari jarak jauh,” (15/3/2020).

Baca Juga: Nadiem Pahami Keputusan Pemprov Hentikan Sementara Aktivitas di Sekolah

Ia berharap dukungan perusahaan bidang teknologi pendidikan dapat menjadi wujud “gotong royong pendidikan” dan menjadi solusi seiring bertambahnya kebijakan Pemda menghentikan sementara aktivitas belajar di sekolah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Beberapa platform dan tautan yang memberikan fasilitas yang dapat diakses secara umum dan gratis diantaramya adalah:

1. Rumah Belajar Kemendikbud

Kemendikbud mengembangkan aplikasi pembelajaran jarak jauh berbasis portal dan android Rumah Belajar.

Beberapa fitur unggulan yang dapat diakses oleh peserta didik dan guru di antaranya Sumber Belajar, Kelas Digital, Laboratorium Maya, dan Bank Soal

Akses Rumah Belajar: https://belajar.kemdikbud.go.id

2. Google Suite Education

Danny Ardianto, Public Policy & Government Relations Manager Google Indonesia Melalui G Suite for Education mengatakan bahwa, “para siswa dapat terus belajar meski ketika akses internet lambat atau tidak tersedia dan di manapun mereka berada,”

Hingga 1 Juli 2020, Google menyediakan fitur Hangouts Meet yang paling lengkap secara gratis yang meliputi kemampuan live streaming hingga 100.000 penonton dalam suatu domain dan pertemuan besar hingga 250 peserta per kelas hingga 1 Juli 2020 yang bisa direkam dan disimpan di Google Drive untuk akses di kemudian hari

Akses Google G Suite for Education: https://blog.google/outreach-initiatives/education/offline-access-covid19

3. Kelas Pintar

Fernando Uffie, Pendiri Kelas Pintar mendukung langkah antisipatif Kemendikbud untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di Indonesia. Menurutnya, penghentian sementara kegiatan belajar mengajar di sekolah, tak lantas membuat proses belajar siswa terhenti.

Akses Kelas Pintar: https://kelaspintar

5. Quipper School

Guru dan sekolah juga dapat menggunakan layanan Quipper School untuk memberikan tugas dan ujian sekaligus memonitor hasil kerja siswa.

Akses Quipper School: https://quipper.com/id/school/teachers/

6. Ruangguru

Sejak hari Senin, 16 Maret 2020, siswa bisa mengikuti pembelajaran Sekolah Online Ruangguru Gratis dari pukul 08.00 – 12.00 WIB, di mana akan tersedia 15 kanal live teaching yang mencakup semua mata pelajaran sesuai kurikulum nasional mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA (IPA dan IPS), yang dipandu Master Teachers Ruang Guru.

Akses Sekolah Online Ruangguru Gratis: https://ruangguru.onelink.me/blPk/efe72b2e

7. Sekolahmu

Sekolahmu menyediakan kelas-kelas home learning bagi seluruh jenjang dari pra-sekolah sampai SMA, juga orang tua, sebagai pengganti kegiatan belajar mengajar di sekolah yang akan dikurangi atau ditutup karena Covid-19 secara gratis.

Akses gratis belajar online Sekolahmu: https://www.sekolah.mu/tanpabatas

8. Zenius

Zenius memberikan akses gratis ke lebih dari 80 ribu video pembelajaran agar siswa bisa mendapatkan proses belajar mandiri yang terstruktur dalammerespons ajakan kolaborasi oleh Mendikbud

Akses Zenius: https://zenius.net/belajar-mandiri

Disalin dengan perbaikan dari artkel: “8 Link Pembelajaran Online Gratis untuk Isi Kegiatan Belajar di Rumah ” yang telah tayang di Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *